Monday, August 31, 2015

Sekelumit Rayap dan Penanganannya

Rayap memiliki habitat yang unik dalam suatu ekosistem. Keberadaan koloni rayap berperan penting dalam siklus biogeochemical (dekomposes bahan organik) seperti siklus nitrogen, karbon, sulfur, oksigen dan fosfor. Mudahnya rayap beradaptasi dengan lingkungannya mengakibatkan mereka bisa ditemui di hampir semua bentuk ekosistem. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keadaan ini diantaranya faktor lingkungan.


Aktivitas, distribusi dan pertumbuhan populasi secara umum dipengaruhi oleh suhu, kelembapan dan curah hujan. Perubahan terhadap faktor tersebut akan berimbas ke perubahan perilaku rayap. 
Suhu sangat berpengaruh terhadap semua makhluk hidup termasuk rayap. Dikenal ada beberapa kisaran suhu sebagai berikut :
1. Suhu minmal dan maksimal yaitu kisaran suhu terendah atau tertinggi yang dapat mengakibatkan kematian pada serangga.
2. Suhu hibernasi atau estivasi yaitu kisaran suhu di bawah atau di atas suhu optimal yang menyebabkan aktivitas seranggan berkurang.
3. Kisaran suhu optimum yaitu 15-38 derjat celcius. Setiap jenis rayap memiliki toleransi suhu yang berbeda. Contohnya rayap neotermes tectonae memiliki suhu optimum 22 - 33 derajat celcius.
Suhu dan kelembaban berpengaruh terhadap vegetasi yang akan mempengaruhi aktivitas  dan perilaku rayap. Rayap lebih senang berada pada sarangnya pada tengah hari sampai awal sore hari. Namun ada beberapa jenis rayap yang mampu beraktivitas pada waktu tersebut dengan syarat terdapat naungan besar yang bisa menciptakan suhu optimal.

Antisipasi rayap dalam upaya menyesuaikan dengan perubahan suhu dan kelembapan dilakukan dengan cara :
1. membangun sarang yang tebal
2. Pengaturan bentuk sarang
3. mempertahankan kandungan air tanah penyusun sarang rayap.
Dengan upaya tersebut suhu da kelembapan di lingkungan tempat rayap hidup tetap terjaga dan terkendali.

Tips Mencegah Dan Mengendalikan Rayap
Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan perilakunya.

Sebutan rayap sebetulnya mengacu pada hewannya secara umum, padahal terdapat beberapa bentuk berbeda yang dikenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun demikian, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.

Bagaimana Rayap Merusak Rumah Anda?
Jenis serangga ini memang tidak mengenal kompromi dan akan merusak bagian-bagian rumah serta barang didalam rumah. Berbagai jenis barang didalam rumah yang rentan akan serangan rayap adalah: mebel, buku-buku, kabel-kabel listrik, telepon, serta barang-barang yang disimpan dalam ruangan lembab dan jarang dibersihkan. Untuk mencapai sasarannya, rayap tanah dapat menembus tembok bangunan yang tebalnya beberapa centimeter. Apapun bentuk konstruksi bangunan gedung, seperti slab, basement atau crawl space, dapat ditembus elewati lubang terbuka atau celah yang sangat kecil. Celah tersebut biasanya terdapat pada slab di sekitar celah kayu atau pipa ledeng, serta celah antara pondasi dan tembok, maupun pada kuda-kuda atap. Rayap juga dapat membuat lubang di atas pondasi, kemudian terus bergerak ke atas hingga mencapai kuda-kuda dan di seluruh permukaan tembok.

Bagian komponen bangunan yang rawan terhadap serangan rayap adalah balkon, teras, sambungan talang air hujan, kerangka atap, ventilasi, hubungan antara dinding bata dan ampik kayu, serta hubungan antara dinding bata dan atap. Juga sudut dinding, hubungan sudut antara kusen dan dinding batu, pasangan dinding yang berhubungan dengan bak bunga, retak-retak pada dinding bata, serta hubungan antara dinding dengan pondasi.

Rayap merupakan penyebab utama dari semua kerusakan elemen konstruksi bangunan terutama yang berbahan dasar kayu seperti: lantai, dinding, rangka plafond, kuda-kuda, dan berbagai macam perabotan yang terbuat dari kayu seperti: kusen (pintu/jendela), panel (pintu/jendela), lemari, kitchen set, dsb. Rayap bekerja merusak rumah Anda selama 24 jam perhari, dan rayap akan terus bekerja sepanjang tahun sampai kerusakan pada bagian rumah betul-betul terjadi.

Bagaimana Mencegah Serangan Rayap Di rumah Anda?
Ada 3 (tiga) tujuan yang mendasari termite control service atau pelayanan anti rayap, yaitu: mencegah, membasmi dan mengendalikan. Secara umum penanggulangan bahaya pada bangunan akibat serangan rayap harus dimulai pada tahap pra-konstruksi, hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya rayap ke dalam bangunan gedung saat proses pembangunan sedang berjalan. Tindakan penanggulangan bahaya rayap pada tahap pra-konstruksi dapat dilakukan dengan pendekatan rancang bangunan gedung dengan menggunakan material anti rayap, penggunaan kayu awet atau diawetkan melalui tindakan pengawetan kayu, dan pemberian zat kimia anti rayap berupa Termitisida pada tanah untuk menghindari serangannya.

Pre-construction termite control (metode pencegahan rayap pra-konstruksi); adalah proses yang dilakukan untuk mencegah serangan rayap yang dilakukan saat bangunan sedang dibangun. Proses ini meliputi pekerjaan penyemprotan galian pondasi, penyemprotan seluruh permukaan lantai/tanah bangunan sebelum pengecoran, dan penyemprotan seluruh permukaan material kayu sebelum dipasang pada konstruksi kusen, lantai, dinding, plafond dan atap.

Proses pre-construction termite control ini harus dilakukan saat sebelum membangun rumah atau sedang membangun rumah untuk menghindari kerusakan rumah Anda dikemudian hari. Jika treatment atau perawatan rumah anti rayap dilakukan setelah terjadinya serangan rayap, maka Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan atau renovasi terhadap kerusakan yang telah terjadi. Dan tentunya biaya perbaikan terhadap kerusakan bangunan akibat serangan rayap cukup mahal.
Rumah yang bebas dari serangan rayap membuat penghuninya nyaman dan tenang dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, tanpa harus khawatir terjadinya kerusakan pada elemen bangunan dan berbagai perabot didalam rumah. Jika bisa dilakukan jauh-jauh hari, mengapa tidak mengantisipasi serangan rayap sedini mungkin daripada dibuat pusing kemudian? Mencegah lebih mudah dan murah dari pada membasminya di kemudian hari.

Bagaimana Mengendalikan Serangan Rayap Dirumah Anda?
Jika serangan rayap dirumah Anda sudah terlanjur terjadi karena proses pencegahan rayap tidak dilakukan, baik pada tahap pra-konstruksi dan rayap sudah menyebar ke seluruh bagian bangunan maka hal yang harus dilakukan adalah menegndalikan pada tahap pasca-konstruksi. Rayap tidak mungkin terbasmi atau dapat dihilangkan secara total, karena jalur lalu lintas rayap benar-benar luas dan tersembunyi. Namun demikian service yang peroleh dapat memperpanjang usia bangunan Anda dan mengendalikan serangan rayap agar tidak menimbulkan kerusakan fatal.

Proses pengendalian serangan rayap yang dilakukan setelah bangunan dibuat adalah Post-construction termite control (metode pasca konstruksi); yaitu proses pengendalian dari serangan rayap yang yang dilakukan pada bangunan yang sudah berdiri dengan jalan menginjeksikan Termitisida (obat pembasmi rayap) ke dalam tanah. Pada proses post-construction termite control ini Termitisida disuntikkan dibawah lantai sepanjang jalur pondasi bangunan, jarak antar lubang injeksinya antara 60 cm s/d 80 cm, diameter lubang injeksi +/- 15 mm. Sedangkan untuk material kayu didalam rumah yang telah terpasang dan furniture disemprot langsung dengan Termitisida.

Berbagai Tips Mudah Untuk Melindungi Rumah Dari Serangan Rayap:
1. Membersihkan Saluran Air dan Selokan.
Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.
2. Memperbaiki Pipa dan Keran Air yang Bocor
Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda selalu lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, memperbaiki saluran pipa dan keran air juga menghemat pemakaian air.
3. Mengurangi Penggunaan Kayu Didalam Rumah
Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.
4. Menjaga Kebersihan Lubang Ventilasi
Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap berkunjung ke dalam rumah Anda.
5. Merawat Elemen Kayu Secara Berkala
Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur.
6. Beri jarak pada furnitur dan tembok
Rayap selalu memasuki bangunan rumah melalui celah-celah tembok. Dengan membawa jamur yang dapat mensintesa benda apa saja, rayap dapat dengan mudah melubangi beton untuk mencapai kayu yang paling dekat dengan tembok. Anda perlu memberi jarak sekitar 10 cm antara lemari kayu dengan tembok. Ini cukup membantu mengurangi resiko diserang rayap.
Gudang juga merupakan daerah yang paling sering diserang rayap. Yaitu jika di antara tumpukan barang-barang yang jarang dipindahkan terdapat kardus-kardus, lemari, palet dan benda lain yang mengandung selulosa. Anda perlu sering-sering merapihkan gudang, membuang kardus-kardus yang tidak terpakai, dan menjauhkan kayu dari tembok.
7. Proteksi Total pada seluruh bangunan rumah
Kita tidak akan pernah bisa menebak sisi mana yang akan diserang rayap, atau dari mana rayap akan memulai serangan. Melakukan proteksi total juga akan lebih menghemat biaya dibanding Anda harus melakukan renovasi di kemudian hari. Proteksi total dalah melakukan treatment anti rayap menyeluruh baik untuk bangunan jadi (paska-konstruksi) atau yang belum jadi (pra-konstruksi). Cara ini akan membunuh rayap yang sudah ada di bawah bangunan serta menghambat kedatangannya lagi dalam waktu yang lama. Invasi rayap terbang dari tempat lain tidak akan membahayakan karena seluruh struktur bangunan seperti kusen-kusen, lapisan gypsum, rangka atap, kitchen set, dan sebagainya diproteksi dengan anti rayap.
8. Hindari lahan bekas hutan atau kebun untuk membangun rumah
Kebun atau hutan menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah (Coptotermes). Jika Anda harus mendirikan rumah atau banguanan di area bekas perkebunan atau hutan, sebaiknya lakukan pencegahan dengan chemical barrier, yaitu treatment anti rayap pra-konstruksi. Pekerjaan ini meliputi penyemprotan anti rayap pada permukaan tanah dan galian fondasi sebelum bangunan didirikan. Bahan kimia yang terkandung pada larutan termitisida akan mengikat tanah dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sifatnya yang Knock Down akan mematikan koloni rayap yang sudah ada di bawah permukaan tanah, sifat residualnya akan menghambat kedatangan koloni rayap baru untuk jangka waktu yang lama.
Demikian artikel seklumit tentang kehidupan rayap, akibat dan cara mencegah jika rayap tersebut merusak perabotan rumah kita. Dan semoga tips diatas bermanfaat bagi anda.
cara menghilangkan rayap pada lemari cara mematikan rayap anti rayab anai-anai cara mengatasi rayap di lemari skripsi tentang pengendalian rayap asal rayap di lemari cara membasmi rayap di rumah cara membasmi anai-anai obat kimia rayap tanah lubang Mengusir rayap/anai-anai menghilangkan rayap di tembok dan lemari menghilangkan rayap di lemari mengatasi rayap pada lemari mencegah rayap di lemari melindungi lemari kayu dari jamur

Cara Basmi Rayap tuntas
Rayap mungkin serangga yang jarang terlihat oleh Anda,namun yang pasti hasil karyanya bisa dirasakan langsung saat Anda melihat kayu-kayu di rumah menjadi keropos.Hal ini tidak hanya membuat Anda kerepotan,tapi tentunya juga berbahaya bagi konstruksi rumah Anda.Rayap yang disebut juga sebagai semut putih ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.Bahkan beberapa daerah-pun memiliki nama khusus seperti ranggas(Jawa Tengah/Timur),anai-anai(Sumatera),sumpiyuh/rinyuh(Jawa Barat).

Hewan buta ini termasuk kelompok serangga sosial,seperti halnya semut dan lebah.Oleh karena itulah,rayap tidak bisa hidup sendiri tapi hidup berkelompok.Dengan cara itulah rayap bisa memperoleh kebutuhannya untuk keberlangsungan hidupnya.Rayap-rayap tersebut bisa membangun sarang berupa lorong-lorong panjang dan sempit hingga ke tempat mereka mencari makan.Bahkan di beberapa daerah terdapat rayap yang membangun rumahnya dengan sangat tinggi.

Pada dasarnya keberadaan rayap di rumah Anda sulit terdeteksi.Apabila banyak kayu di rumah Anda mengalami keropos barulah Anda menyadarinya.Binatang kecil pemakan kayu dengan kecepatan yang amat tinggi ini bisa menghabiskan kayu yang berukuran 4 meter dalam waktu kurang dari 6 bulan.Hal ini pasti akan membahayakan struktur kayu rumah Anda.

Untuk mengantisipasi bahaya rayap,sangat penting bagi kita untuk untuk mengetahui kriteria rumah yang mudah diserang rayap antara lain:

1.Menggunakan kayu kualitas rendah untuk kusen,pintu dan kuda-kuda.
2.Perumahan yang berada di bekas rawa.
3.Banyak sisa pohon atau tumbuhan yang telah mati tidak dibersihkan dengan sempurna.
4.Memakai serbuk kayu sebagai pupuk tanaman.
5.Rumah tidak disuntik dengan zat kimia anti hama pada saat dibangun.

Di samping itu,penting juga bagi kita untuk mengetahui tips-tips apa saja agar terbebas dari rayap antara lain:

1.Gunakanlah produk khusus untuk kusen dan pintu.Bukan saja masalah rayap akan teratasi,tapi harga juga lebih ekonomis daripada kayu mahal yang tidak bisa dimakan rayap.Dalam hal ini ada beberapa pilihan untuk kusen misalnya menggunakan bahan aluminium atau kusen beton.
2.Gunakan bahan berkualitas untuk kuda-kuda rumah Anda
3.Jauhkan pupuk serbuk kayu dari rumah Anda.
4Singkirkan sisa-sisa tumpukan kayu yang sudah tidak terpakai lagi dan pohon-pohon mati dan akar disekitar rumah.
5.Jika rumah Anda terbuat dari kayu,sebisa mungkin hindari kontak langsung antara kayu dengan tanah.
6.Gunakan kayu yang dikenal anti rayap misalnya kayu jati,bisa juga dengan menggunakan kayu yang telah dilapisi anti rayap.
7.Membangun pondasi yang tahan serangan rayap dengan cara mencampurnya dengan bahan-bahan anti rayap.
8.Menghubungi jasa penanggulangan rayap professional sehingga bisa mengatasi masalah rayap hingga tuntas.

Sangatlah penting untuk selalu memeriksa kondisi kayu-kayu dirumah Anda karena kita jarang menyadari kapan serangan rayap ini akan menyerang.Alangkah baiknya jika Anda selalu melakukan perawatan secara berkala baik untuk struktur maupun melakukan penyemprotan anti hama.Membasmi rayap harus sampai tuntas,karena jika tidak dengan kemampuan ratu rayap yang bereproduksi dengan sangat cepat maka rumah Anda akan kembali dibanjiri oleh rayap.

Musuh utama perabotan rumah yang terbuat dari kayu adalah serangan koloni serangga yaitu Rayap. Rayap akan memakan peralatan rumah dari kayu hingga rusak dan tidak bisa anda gunakan kemabali. Cara membasmi rayap kayu atau rayap tanah dengan bahan alami yang ampuh dan aman bagi kesehatan akan kita bahas kali ini.

Cara Membasmi Rayap Obat Alami
Untuk membasmi rayap dengan metode alami bisa menggunakan ramuan yang terbuat dari tembakau. Cara membasmi rayap dengan menggunakan tembakau adalah semprotkan cairan yang terbuat dari tembakau yang sudah direndam selama 1 malam ke sarang rayap menggunakan spayyer.
Untuk cara membasmi rayap kayu bisa juga menggunakan garam. Obat pembasmi rayap alami ini cukup mudah dibuat, caranya dengan mencampur garam dengan air kemudian biarkan selama satu malam. Cairan tersebut lalu disemprotkan ke sarang rayap hingga rayap mati.

Obat anti rayap alami lainnya adalah menggunakan air bekas mencuci beras. Cara membasmi rayap dengan air bekas mencuci beras cukup mudah, siram sekeliling sarang rayap dengan air cucian beras maka koloni rayap akan mati.

Cara membasmi rayap dalam tanah
Untuk membasmi rayap yang ada ditanah kita membutuhkan alat bantuan sentricon, sentrikon sendiri terdiri dari 2 buah alat dimana alat yang pertama merupakan sebuah pengumpan yang taruh pada dinding/kusen yang menjadi jalur rayap, sedangkan alat yang ke 2 berupa detektor rayap yang ditanam di tanah. Pada masing masing alat sentricon terdapat semacam tissu yang berfungsi sebagai pengumpan rayap, tissu tersebut berisikan kandungan heksaflumuron, enzim hormon yang dapat menekan metabolisme pertumbuhan rayap, sehingga akhirnya membunuh rayap tersebut. Setelah alat sentricon digunakan rayap akan datang, memakan, dan mendistribusikan tisu tersebut ke semua koloni rayap sampai akhirnya semua koloni akan mati termasuk yang ada di dalam tanah.

Cara Menyingkirkan Rayap
Di antara semua serangga, binatang pengerat, dan berbagai jenis hama lain yang mengganggu dan membuat pemilik rumah merasa tidak nyaman, tidak ada yang lebih berbahaya daripada rayap. Hanya rayap yang bisa merusak dan menghancurkan pondasi dan keindahan sebuah rumah hanya dalam waktu beberapa tahun saja. Pengrusakan pertama yang dilakukan oleh rayap mungkin saja tidak akan kita ketahui selama lima tahun pertama sejak mereka memulai pengrusakan. Dan itu sudah terlambat. Rumah bisa jadi adalah investasi terbesar yang pernah Anda buat dan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi rumah Anda dari rayap, dan untuk menyingkirkan mereka dari rumah Anda dengan segera apabila mereka telah melakukan pengrusakan pada properti anda.

Carilah tanda-tandanya. Meskipun Anda mungkin tidak melihat secara langsung keberadaannya, Anda tidak boleh mengabaikannya. Tanda-tanda keberadaan serangan rayap yang patut diwaspadai diantaranya adalah lantai kayu yang mengendur, lubang pada bahan-bahan yang terbuat dari kayu, dan pondasi yang berongga. Atau mungkin Anda malah pernah melihat sendiri adanya rayap di rumah Anda.

Bawalah obeng dan senter lalu pergilah ke ruang bawah tanah, dan periksa lorong dan balok pondasi di ruang bawah tanah tersebut dengan mengetuk-ngetuk kayunya untuk memeriksa apakah ada rongga di dalamnya dan tekanlah kayu dengan obeng untuk menguji kekuatannya. Jika kayu tampak rapuh dan pecah berantakan, bisa jadi rumah Anda sudah terserang rayap.
Anda mungkin menemukan sarang rayap di dalam properti Anda; rayap tanah membuat sarang dengan membangun sistem terowongan dan tabung dari tanah atau lumpur, sedangkan rayap kayu membuat sarang langsung di dalam kayu.

Tentukan jenis rayap apa yang ada di rumah Anda. Ada dua jenis rayap yang umum dijumpai di rumah, yaitu rayap tanah dan rayap kayu. Rayap tanah bisa ditemukan di dalam tanah di sekitar rumah dan di bahan-bahan kayu yang ada di rumah Anda. Rayap ini umumnya hidup di daerah hangat dan di daerah pesisir pantai. Sedangkan rayap kayu hanya hidup dan berkembang di dalam kayu (bukan di tanah), dan bisa hidup di wilayah manapun.
Selain berada di dalam kayu pondasi, rayap tanah juga bisa ditemukan di dalam kayu dan tumpukan kompos yang ada di sekitar rumah Anda.
Rayap tanah biasanya lebih ganas dan lebih merusak dibanding rayap kayu, dan memerlukan metode perlakuan yang berbeda.
Siapkan kardus untuk perangkap rayap. Ambillah beberapa lembar kardus, basahi, dan tumpuk kardusnya di tempat yang biasa dikunjungi rayap. Karena rayap menyukai selulosa (karton), ini adalah tindakan yang sangat baik untuk menjebak rayap. Ketika kardus sudah penuh dengan rayap, bawa keluar ke daerah yang aman dan bakar kardus beserta rayapnya. Jika perlu, ulangi tindakan ini beberapa kali.
Catatan: perangkap rayap ini tidak bisa menyelesaikan masalah rayap dengan tuntas. Ini hanyalah cara cepat untuk menyingkirkan beberapa ratus rayap pada satu waktu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, kombinasikan metode ini dengan metode yang lain.
Cobalah menggunakan cacing nematoda. Nematoda adalah spesies cacing kecil yang merupakan parasit alami pada hama kebun, termasuk rayap.[2] Nematoda akan mencari inang, seperti larva rayap, lalu bersembunyi di dalam tubuh mereka, dan bisa menyebabkan kematian pada larva dalam waktu 48 jam. Mereka menggunakan bangkai inangnya sebagai tempat untuk bertelur.
Anda dapat membeli cacing nematoda di toko-toko peralatan kebun atau membelinya lewat internet. Saat ini, terdapat sekitar lima varietas cacing nematoda yang dijual di pasaran.[3]
Jika suhu tanah di rumah Anda lebih dari 16 ° C, nematoda harus segera digunakan setelah Anda membelinya. Jika tidak digunakan saat itu juga, Anda bisa menyimpannya di kulkas. Sebarkan cacing tersebut di pagi hari atau setelah matahari terbenam, karena cahaya ultra violet matahari bisa berbahaya bagi mereka.

Jemur kayu yang terserang rayap di bawah sinar matahari. Jika barang yang dipenuhi rayap bukan bagian dari rumah, dan merupakan perabot yang bisa dikeluarkan dari dalam rumah, jemur perabot tersebut di bawah sinar matahari. Rayap berkembang biak dalam gelap, dan panas dan cahaya dari matahari akan membunuh mereka. Di hari yang cerah, jemurlah perabot Anda selama mungkin, sebaiknya 2 sampai 3 hari.

Metode ini sangat baik jika digabungkan dengan metode perangkap kardus untuk menangkap/membunuh rayap.
Bekukan rayapnya. Jika sedang musim hujan dan matahari jarang menampakkan sinarnya, gunakan metode lain yaitu dengan pembekuan. Taruh perabot kayu Anda (atau bagian dari perabot yang dipenuhi rayap) ke dalam freezer berukuran besar selama 2 sampai 3 hari. Memang sedikit sulit jika perabot kayu Anda berukuran besar, tetapi jika metode ini bisa dijalankan, rayap-rayap tersebut dijamin pasti mati.

Gunakan asam borat. Asam borat adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membunuh rayap, dan merupakan bahan utama yang digunakan oleh obat-obat pembunuh rayap buatan pabrik yang dijual di toko-toko.[5] Asam Borat mematikan sistem saraf rayap dan membuat rayap dehidrasi.
Cara terbaik untuk membunuh rayap dengan asam borat adalah dengan mengumpankannya pada rayap.

Lumuri atau semprotlah sebatang kayu (atau bahan selulosa lain) secara merata dengan asam borat, dan gunakan kayu ini sebagai umpan.
Tempatkan umpan tersebut di taman dekat rumah atau di tempat yang terserang rayap.
Periksalah umpan tersebut dengan teratur dan semprot lagi dengan asam borat jika perlu. Anda akan menemukan banyak bangkai rayap yang tergeletak di dekat umpan tersebut.

Beli dan gunakan obat anti rayap. Anda bisa membelinya di toko bangunan atau toko pertanian terdekat. Obat anti rayap adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk menyingkirkan hama yang berbahaya ini. Anda bisa menggunakan metode umpan atau cukup menyemprotkannya ke benda yang terserang rayap. Letakkan umpan di dekat area yang dipenuhi rayap dan semprotkan obatnya di area yang sama.
Gunakan metode pemanasan. Karena panas bisa membunuh rayap, Anda dapat memanggil pembasmi hama untuk memberi pemanasan pada rumah Anda dalam suhu tinggi untuk membunuhnya. Tindakan ini harus dilakukan oleh seorang profesional, karena peralatan yang digunakan tidak dijual bebas. Hubungi jasa layanan pemberantasan hama di daerah Anda untuk mengetahui apakah metode ini bisa diterapkan di rumah Anda.

Hubungi ahlinya. Jika menurut Anda serangan rayap sudah terlalu parah, atau rumah tersebut sangat berarti bagi Anda, hubungi layanan pemberantasan hama profesional. Ketika Anda menelepon layanan tersebut, pastikan bahwa Anda:
Menghubungi tiga perusahaan yang berbeda untuk perbandingan.
Lihatlah catatan riwayat perusahaan tersebut sebelum Anda memutuskan untuk menyewa mereka.
Dapatkan persetujuan tertulis dari perusahaan yang Anda sewa bahwa mereka sanggup melenyapkan rayap secara total selama dua tahun. Dengan ini, perusahaan tersebut akan mendatangi rumah Anda secara berkala, memeriksa apakah ada serangan rayap baru, dan membersihkannya bila ada. Dan itu dilakukan tanpa biaya, karena Anda sudah membuat perjanjian selama dua tahun.

Mencegah Datangnya Rayap di Masa Datang
Jagalah rumah atau apartemen Anda agar tetap kering. Rayap secara alami tertarik pada habitat yang basah dan lembab karena mereka membutuhkan air untuk bertahan hidup. Jadi, pastikan bahwa barang-barang Anda tetap kering agar rayap tidak menyerang kembali.
Pastikan bahwa tidak ada kebocoran dan air yang tergenang, baik di dalam maupun di luar rumah harus tetap aman dan kering. Jika memungkinkan, sapu atau hisaplah air apa pun yang tidak diinginkan.

Talang yang basah dan kotor merupakan rumah yang ideal bagi rayap. Jadi, bersihkan pula talang Anda dari kotoran dan sampah untuk melakukan pencegahan lebih lanjut.
Jauhkan bahan-bahan kayu dari rumah Anda. Rayap adalah pemakan kayu, jika memungkinkan, jauhkan kayu-kayu yang tidak digunakan dari rumah Anda. Jika kayu-kayu tersebut tetap berada di dalam atau di sekitar rumah, rayap akan berpesta pora. Jika memang tidak mungkin dijauhkan dari rumah, tutupi kayunya agar tetap kering untuk mengurangi ketertarikan rayap pada kayu tersebut.

Tutup celah-celah yang ada di rumah Anda. Dempul dan tutupi jendela, pintu dan celah-celah di sekitar rumah Anda, agar tidak ada rayap yang bisa masuk dan menyerang properti dalam rumah Anda. Celah antara kabel listrik dengan pipa yang ada di dalam rumah juga merupakan jalan masuk yang baik bagi rayap untuk memasuki rumah Anda.
Jika Anda benar-benar jengkel dengan rayap, Anda bisa menutupi jendela dan teras dengan kawat kasa.

Kerusakan akibat serangan rayap dapat menghancurkan sebuah rumah, jadi jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda sendiri untuk membasmi rayap di rumah Anda, hubungi ahlinya dengan segera.

Musuh paling utama perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu yaitu serangan koloni serangga yakni Rayap. Rayap bakal mengonsumsi peralatan rumah dari kayu sampai rusak serta tak dapat anda pakai kemabali. Cara membasmi rayap kayu atau rayap tanah dengan bahan alami yang ampuh serta aman untuk kesehatan bakal kita ulas kesempatan ini.

Cara Membasmi Rayap Obat Alami
Untuk membasmi rayap dengan cara alami dapat memakai ramuan yang terbuat dari tembakau. Cara membasmi rayap dengan memakai tembakau yaitu semprotkan cairan yang terbuat dari tembakau yang telah di rendam sepanjang 1 malam ke sarang rayap memakai spayyer.
Untuk cara membasmi rayap kayu dapat pula memakai garam. Obat penghilang rayap alami ini cukup gampang di buat, langkahnya dengan mencampurkan garam dengan air lalu biarlah sepanjang satu malam. Cairan itu lantas disemprotkan kesarang rayap sampai rayap mati.

Obat anti rayap alami yang lain yaitu memakai air sisa membersihkan beras. Cara membasmi rayap dengan air sisa membersihkan beras cukup gampang, siramsekeliling sarang rayap dengan air cucian beras jadi koloni rayap bakal mati.

Cara membasmi rayap dalam tanah
Untuk membasmi rayap yang ada ditanah kita memerlukan alat pertolongan sentricon, sentrikon sendiri terbagi dalam 2 buah alat di mana alat yang pertama adalah suatu pengumpan yang simpan pada dinding/kusen sebagai jalur rayap, sedang alat yang ke 2 berbentuk detektor rayap yang ditanam di tanah. Pada masing masing alat sentricon ada sejenis tissu yang berperan juga sebagai pengumpan rayap, tissu itu berisikan kandungan heksaflumuron, enzim hormon yang bisa menghimpit metabolisme perkembangan rayap, hingga pada akhirnya membunuh rayap itu. Sesudah alat sentricon dipakai rayap akan tiba, mengonsumsi, serta mendistribusikan tisu itu ke seluruhnya koloni rayap hingga pada akhirnya seluruhnya koloni bakal mati termasuk juga yang ada didalam tanah.

Rayap paling sering berda di tempat yang lembab. Oleh karenanya anda perlu sering-sering membersihkan tempat-tempat tersebut. Jangan sampai terlalu lama rayap berkembang biak jika tidak ingin ada perabot dari kayu yang rusak karena ulah rayap.

Membasmi rayap tidak dapat dilakukan dengan membunuh rayap-rayap yang ada di permukaan saja. Anda juga harus membasmi rayap dari koloninya.Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk ini, antara lain:

Penyemprotan rayap
Bagian bangunan yang menunjukkan gejala serangan rayap disemprot dengan termisida. Cara ini akan membasmi rayap yang bersarang di kayu.

Akan tetapi penyemprotan ini hanya membasmi rayap yang berada di kayu saja. Yang bersarang di tanah tetap aman. Cara ini perlu dikombinasikan dengan injeksi termisida ke dalam tanah di sepanjang fondasi bangunan.

Pengumpan teknologi sentricon
Metode pengendalian ini lebih ramah lingkungan, karena langsung menyerang rayap dan koloninya. Pengumpan sentricon ini terdiri dari dua buah alat.Pertama sebuah pengumpan yang diletakkan di dinding atau kusen yang menjadi jalur rayap. Yang kedua, berupa detector rayap yang ditanam di tanah.

Pada kedua alat itu terdapat semacam tisu yang menjadi makanan rayap. Tisu ini mengandung heksaflumuron, yaitu enzim hormone yang menekan metabolisme pertumbuhan rayap, dan akhirnya membunuh rayap tersebut.

Cara lain untuk mengusir rayap adalah dengan menggunakan bahan alami. Menggunakan garam dapur (Nacl) yang halus dan kering, caranya cukup mudah, cukup dengan menaburkan garam ke dalam lubang sarang rayap. Selain garam, cara alami lainnya adalah dengan air kapur sirih. Caranya sama dengan garam, taburkan di sekitar tempat rayap, niscaya rayap akan segera pergi dari rumah.

Cara mengatasi dan menghilangkan rayap di rumah
Cara megatasi dan menghilangkan rayap di rumah - menolong kita dalam mengusir serta membasmi rayap pemakan kayu lewat cara yang gampang serta simpel hingga sangatlah mungkin saja untuk diaplikasikan - Selamat sore sobat-sobat sekalian, semoga aktivitasnya hari ini mengasyikkan. Kesempatan ini saya bakal sharing sedikit panduan tentang langkah mengusir rayap yang judulnya 6 Langkah Mengusir Serta Membasmi Rayap Pemakan Kayu.

Rayap adalah hewan kecil yang berwarna putih, orang barat umum menyebutnya white ant. Rayap umumnya bakal mengonsumsi kayu yang telah lapuk walau demikian bukanlah tak mungkin saja rayap dapat juga mengonsumsi kayu yang masih tetap bagus seperti yang ada dirumah kita. Jika rayap telah mengonsumsi serta menyerang kayu yang ada dirumah kita terang bakal sangatlah beresiko. Lantaran hal semacam ini terkait dengan ketahanan rumah kita.


Cara Membasmi Rayap pada Tembok Rumah Anda
Cara membasmi rayap pada tembok biasanya merupakan pekerjaan yang membingungkan bagi yang belum pernah melakukannya. Karena serangan hama yang yang berada di dalam tembok sangat sulit untuk dibasmi. Sebab seringkali rumah kita diberi penutup berupa wallpaper dan sebagainya.

Namun kini Anda dapat melakukan dengan cara yang mudah tentu saja ampuh membasmi rayap yang bersarang didalam rumah ini. karena rumah merupakan istana bagi penghuninya tentu saja kita ingin agar rumah kita aman dari gangguan serangan rayap ini bukan?

Jenis rayap yang ada di Indonesia pada umumnya merupakan jenis rayap tanah dan jenis hama rayap kayu. Adapun perbedaan terbesar yang terlihat secara kasat mata adalah lokasi munculnya rayap yang berada pada lokasi paling dekat dengan sarangnya.

Cara membasmi rayap pada tembok
Biasanya hama rayap yang merupakan jenis rayap kayu akan memulai kemunculannya di rumah kita dengan memunculkan tanah dari bawah laintai dan secara acak akan muncul beberapa titik selanjutnya pada lokasi yang berdekatan.

Adapun jenis rayap kayu kering biasanya muncul pada kayu kusen, kitchen set, kayu kuda-kuda dan sebagainya.

Pada artikel kali ini akan kami dari zerotemite akan menginformasikan mengenai cara membasmi rayap pada tembok yang tentu saja dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

Sebagai langkah awal, sebaiknya kenali dan teliti terlebih dahulu lokasi seranagn hama rayap pada tembok di rumah Anda ini. Maksudnya cek lokasi kemunculan serangan rayap pada tembok tersebut apakah berada pada tembok di lantai satu atau lantai dua, berikutnya apakah lokasi tersebut memiliki suhu yang lembab dan lain sebagainya.

Fakta seputar Laron dan Rayap
Laron  yang keluar di awal musim hujan adalah salah satu siklus hidup dari rayap yaitu serangga dari ordo Orthoptera. Rayap adalah bagian dari ekosistem dalam kehidupan yang memiliki tugas untuk memakan kayu-kayu kering atau kayu sudah mati. Tapi bagi manusia rayap ini disebut juga sebagai hama yang merugikan karena sering memakan kayu-kayu yang menjadi bahan bangunan atau perabot rumah tangga lainnya dan kali ini blogger akan bahas Fakta seputar laron dan Rayap.

Laron keluar di awal musim hujan yang disebut juga anai-anai, laron ini keluar pada waktu senja atau malam hari. Kebiasaan laron selalu mengerubuti lampu atau tempat tempat yang terang. Laron akan mengerubuti lampu beranda rumah atau ruang tamu dengan jumlah ribuan sampai jutaan.  Hal ini tentu sangat menjengkelkan karena rumah jadi kotor penuh bulu-bulu laron berserakan di halaman di beranda rumah di ruang tamu ditambah semut yang mengerubuti bangkai laron.  Sehingga biasa di antisipasi dengan memadamkan lampu, serta menyediakan baskom diisi sedikit air (bukan air mata buaya) di bagian tengah di letakkan lilin(hehe...kayak dalam film mistik aja ya). Tapi bukan itu pembicaraan kita pembicaraan kita fokuskan kepada Fakta seputar laron dan Rayap

Rayap yang membuat sarang koloni di bawah tanah pada saat awal musim hujan di mana tanah lembab maka sebagian rayap yang sudah dewasa akan bersayap kemudian keluar dari sarang menuju permukaan tanah serta mengerubuti lampu. Menurut dongeng katanya sih rayap itu tujuannya menuju bulan untuk mengadakan sayembara. Sebelum berangkat rayap-rayap dikumpulkan dalam sebuah ruangan di dalam sarang dan diberi pengarahan oleh raja dan ratu.  kiara-kira perkataan raja “ Hai rakyat-rakyat ku sekalian pada hari ini saya meresmikan pemberangkatan gelombang pertama  rayap yang sudah dewasa(laron) untuk menjelajah ke dunia luar dengan cara terbang menuju bulan(lampu) ditempat tersebut kalian di persilakan untuk mencari pasangan (jodoh) dan bagi mereka yang selamat tidak dimakan makhluk predator, kodok, kadal, cicak reptil reptil kecil tidak termasuk komodo dan buaya serta manusia (karena di daerah tertentu laron dijadikan rempeyek). Maka pasangan tersebut berhak menjadi raja serta ratu untuk membentuk koloni baru”. Maka dengan serentak berdesakan dengan jumlah jutaan beterbangan keluar dari lubang.

Rayap dalam bahasa Inggris disebut juga semut putih (white ants). Hidup dalam koloni di dalam lubang di bawah permukaan tanah dan tidak terbatas letak geografis hutan, desa atau kota di manapun rayap selalu ada karena sudah disebutkan tadi bahwa rayap adalah bagian dari ekosistem kehidupan punya tugas sebagai pengurai karbon yang berasal dari kayu-kayu mati termasuk bahan bangunan. 

Dalam tiap koloni rayap memiliki kasta-kasta mulai dari raja dan ratu sebagai pemimpin tugasnya memproduksi telur. Rayap prajurit yang kepalanya besar-besar bertugas menjaga sarang serta keselamatan ratu dan raja dari serangan serangga lain misalnya semut. Rayap yang kepalanya lebih kecil sebagi pekerja bertugas mencari makanan berupa kayu-kayu kering, melayani ratu yaitu menyuapi makan, membersihkan, memelihara telur serta bertani jamur. Jamur sengaja di budidayakan oleh rayap hasilnya untuk sumber makanan selain kayu-kayu kering koloni rayap jamur ini berwarna putih berongga menyerupai busa atau spone.

Berbagai usaha manusia dilakukan untuk membasmi rayap dengan alasan karena rayap adalah sebagai hama. Dengan menggunakan berbagai pestisida serta racun rayap. Tapi penggunaan racun rayap yang berlebihan bisa mengakibatkan merusak lingkungan juga berbahaya buat manusia sendiri.

Anti Rayap Jakarta 
Rayap memiliki peran yang sangat berguna dalam lingkungan kita yatu sebagai binatang pengurai pada tanah. Namun ketika rayap menyerang rumah kita maka kita harus melakukan tindakan untuk mencegah atau memberantas rayap tersebut.

Biasanya para pemilik rumah yang melihat adanya serangan rayap di rumahnya akan segera mencari layanan jasa anti rayap. Di Jakarta ini terdapat banyak sekali perusahaan jasa anti rayap dengan berbagai macam layanan yang ditawarkan. Mereka memberikan solusi jitu untuk memberantas rayap dengan tepat.

Pada umumnya perusahaan jasa anti rayap menerapkan 2 sistem penanganan rayap yaitu dengan system pengumpanan rayap dan system injeksi rayap.
Kedua system pemberantasan rayap itu berbeda penerapannya. Untuk system pengumpanan rayap ditujukan untuk rumah yang sudah jadi dan terkena serangan rayap. Umpan rayap dipasang pada titik atau jalur rayap aktif. Pada umpan rayap tersebut terdapat tissue yang mengandung hexaflumoron yang akan menjadi sumber makanan bagi rayap. Hexaflumoron adalah racun yang menghambat pembentukan khitin rayap pada saat rayap berganti kulit, sehingga kutikula rayap tidak dapat terbentuk dengan sempurna. Akibat selanjutnya adalah integumen rayap tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai pelindung tubuh dan rayap mengalami dehidrasi. Proses eliminasi rayap dengan system pengumpanan rayap ini adalah sekitar 3 sampai dengan 6 bulan.

Sedangkan untuk system injeksi rayap diterapkan untuk bangunan yang masih dalam tahap pondasi atau bangunan yang sudah jadi tetapi belum terkena serangan rayap. Sistem injeksi rayap ini lebih bertujuan untuk mencegah naiknya rayap pada dinding pondasi bangunan. 

Bila anda memerlukan bantuan / layanan dari perusahaan jasa anti rayap dapat menghubungi kami :


CV Jakarta Inti Nusa
Jl. Pulomas 2C No. 14
Jakarta Timur
Phone : 021-9604.6408
Mobile : 0813.8650.1642
Pin BB : 578b8B62


Pembasmian rayap tanah

Di Indonesia pada umumnya ada tiga jenis rayap tanah yang paling sering menyerang bangunan antara lain rayap tanah jenis macrotermes,...